Daftar Blog Saya

Struktur Organisasi PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk

Alfamart  adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makananminuman dan barang kebutuhan hidup lainnya. Lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.
Dengan trademark Alfa, yang kini sahamnya dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya. Saat ini Alfamart sudah memiliki lebih dari 1000 gerai di Indonesia.


Sejarah
                                                                                                                                 
Pada tanggal 27 Juni 1999, PT. Alfa Mitramart Utama didirikan oleh PT. Alfa Retailindo, Tbk dan PT. Lancar Distrindo. Toko pertamanya dengan nama Alfa Minimart didirikan pada tanggal 18 Oktober 1999 di Jl. Beringin Raya, KarawaciTangerang.

Pada tanggal 1 Agustus 2002, kepemilikan PT. Alfa Mitramart Utama beralih ke PT. Sumber Alfaria Trijaya yang sahamnya dimiliki oleh HM Sampoerna (70%) dan PT. Sigmantara Alfindo (30%).

Mulai tanggal 1 Januari 2003, Alfa Minimart berubah menjadi Alfamart

Pada bulan Januari 2009, PT. Sumber Alfaria Trijaya menggelar penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Saat ini, kantor pusat Alfamart serta gerai flagship-nya di Jabodetabek berada di Jl. MH. Thamrin No. 9, Cikokol, Tangerang.

Visi & Misi

VISI

"Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaan kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global"

MISI 

- Memberikan kepuasah kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul
- Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku / etika bisnis yang tertinggi.
- Ikut berpatisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kemabangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
- Membangun organisasi global yang terpecaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok , karyawan , pemgang saham dan masyarakat pada umumnya.

MOTTO

"Belanja puas, Harga Pas"


Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.

















Gambar : Struktur Organisasi PT Sumber Alfaria Trijaya , Tbk



Tugas masing-masing dari struktur organisasi :


Manajemen Atas

1. Board Of Commisionerss

- Dalam melakukkan tugas dewan direksi pada kepentingan perusahan dan sesuai dengan maksud dan  tujuan perusahaan.
- Kewengan khusus dewan komisaris bahwa dewan komisaris dapat diamatkan dalam anggaran dasar  untuk melaksanakkan tugas-tugas tertentu direktur
- Membuat risalah rapat dewan komisaris dan meyimpan salinan rapat.
- Melaporkan kepada perusahaan kepada kepemilikan pengawasan yang telah dilakukkan
- Memberikan laporan tentang tugas-tugas pengawasan yang telah dilakukan


2. Audite Comitte

- Melakukan penelaan terhadap informasi keuangan yang diterbitkan.
- Penelaan atas ketaatan perusahaan  terhadap undang-undang  dibidang pasar modal dan dibidang lain yang relavan.
- Penelaan terhadap indepedensi dan objektivitas akuntan publik.
- Penelaan terhadap kecukupan pemeriksaan yang dilakukan oleh public untuk memastikan semua resiko yang penting telah ditimbangkan.
- Melakukan terdapat pengaduan yang terdapat yang berkaitan dengan perusahaan.

3. President Director

- Pemimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan.
- Memilih, menetapkan, mengawasi tugas-tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer).
- Menyetujui anggaran perusahaan.

4. Corporate Audit


- Menyediakan penipuan deteksi, invertigasi dan pengalaman forensic akuntansi dan keahlian untuk program monitoring.
- Mengembangkan dan menetapkan prosedur investigasi dengan tren yang tidak biasa atau pola anomaly untuk diposisi.
- Berinteraksi dengan manajer senior.
- Mendokumentasi kertas dan hasil audit & keterlibatan konsultan.



Manajemen Menengah & Bawah

5. Operation

- Mengawasi kegiatan operasi.
- Mengawasi keberadaan serta kondisi mesin dan peralatan
- Membuat produk yang dipesan.
- Membuat Keputusan harian sehubungan dengan kegiatan Alfamart.

6. Marketing

- Bertanggung Jawab terhadap bagian pemasaran.
- Bertanggung Jawab terhadap peroleh hasil penjualan dan pengguna promosi.
- Sebagai kordinator manajer produk dan manager penjualan.
- Membuat Laporan pemasaran kepada direksi.

7. Merchandising & Procurement

- Memajang/mendisplay dan menata produk.
- Menjaga kebersihan produk pajangan.
- Menjalankan semua program promosi perusahaan.
- Menjalan tugas kunjungan sesuai dan rencana kerja.

8. Property & Devolepment


- Mengekoordinasi kegiatan pengendalian property dan dilingkungan wilayah usaha dan perusahaan lingkungannya
- menyelenggarakan pengelohan data dan penyimpanan dokumen asli propertynya
- Menyiapkan laporan kegiatan divisi benar dan tepat waktu.

9. Information Technology

- Bertanggung jawab memelihara system jaringan
- Mengoptimalisasi perangkat it atau server yang ada di alfamart

10. Finance

- Membuat, memeriksa, dan mengarsip faktur nota supplier, laporan AP/AR untuk memastikan status utang piutang.
- Membuat, mencetak tagihan dan surat tagihan untuk memastikan tagihan untuk memastikan tagihan terkirim kepada pelanggan dengan benar dan tepat waktu.
- Menerima, memeriksa tagihan dari vendor dan membuat rekapannya untuk memastikan pembayaran terkirim tepat waktu

11. Human Capital

- Memperbaiki dan memperhatikan mutu karyawan.
- menyedikan tenaga yang ahli dan sesuai  dengan bidangnya masing-masing.

12. Corporate Development

- Bertugas merencanakan , merancang dan menyajikan presentasi yang menarik  dan proposal untuk pendekatan bisnis baru.
- Memberikan bantuan monitoring kepada penjabat fundarising perusahaan.

13. Franchise

- Menyediakan tempat usaha dan modal sejumlah tertentu bergantung pada jenis waralaba yang akan dibeli.
- Menjaga image produk waralaba.

14. Corporate Affair

- Bertanggung jawab untuk semua komunikasi internal dan eksternal.
- Mengurus hal-hal seperti bulletin karyawan, laporan bisnis tahun siaran pers.

15. Bussines Development

- Indetifikasi dan analisa bentuk kerjasama yang potensial.
- Menjangkau mitra kerjasama untuk pengembangan bisnis baru.
- Membantu dalam pembuatan strategi perusahaan untuk internal dan eksternal



Analisa Strategi Alfamart bedasar konsep manajemen strategik

Konsep manajemen strategik : 

- Pemantauan lingkungan baik secara interanal dan eksternal
- Pemantauan profil perusahaan untuk mengidentifikasi Strengtg (kekuatan) dan weakness(kelemahan)
- Formulasi Strategi termasuk mengembangkan visi misi dan tujuan perusahaan. pada tahap ini lebih ditekankan pada aktivitas utama yaitu menyiapkan strategi alternative, pemilihan strategi, dan menetapkan strategi yang digunakan.
- Implementasi strategi yang mengharuskan perusahaan untuk menetapkan tujuan tahunan, mentapkan kebijakan, memotivasi karyawan, mengalokasikan sumber daya manusia, menetapkan struktur organisasi yang efektif, menyiapkan anggaran, mengembangkan sistem informasi, dan menghubungkan kinerja karyawan dengan kinerja organisasi.
- Evaluasi dan pengawasan kinerja nyata suatu perusahaan.

Produk Dan Jasa

Produk

Ekstansi perkembangan alfamart didukung oleh merchandising dalam menangani pemilihan, pengadaan dan pengembangan barang serta bekerja sama lebih dari 500 mitra pemasok, strategi penetapan harga yang terpat serta pengelolaan pemajang produk dan alfamart mengelolah 3000 produk terdiri food,noon foof dan fresh food.

Jasa

System tehnologi mutakir, alfamart berupaya beragam produk dan jasa inovatif serta perkembangan gaya hidup untuk memastukan kemudahan, kenyamanan, kepraktisan, konsumen dalam hemat bbm dalam berbelanja. pengembangan lebih dari 100 produk label harga yang memberikan harga ekonomis dengan adanya agenda berbelanja dalam satu minggu di alfa dan kualitas prima memberikan nilai tambahan bagi konsumen.







Sumber :
 https://id.wikipedia.org/wiki/Alfamart
 http://erwinpurwindiyanto.blogspot.co.id/2012/12/pt-sumber-alfaria-trijaya-tbk.html
 http://corporate.alfamartku.com/struktur-organisasi-alfamart





  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar