REVIEW ARTIKEL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
BERIKUT ADALAH beberapa ARTIKEL DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
BERIKUT ADALAH beberapa ARTIKEL DARI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
1.Pengantar
Sistem Informasi Manajemen
merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil
keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang
diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan Umum
·
Menyediakan
informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan
tujuan lain yang diinginkan manajemen.
·
Menyediakan
informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian,
dan perbaikan berkelanjutan.
·
Menyediakan
informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut
menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke
informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara
menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka
mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja
(informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen,
termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).
Proses Manajemen
Proses manajemen
didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
·
Perencanaan,
formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas
manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan
penetapan tujuan dan identifikasi metode
untuk mencapai tujuan tersebut.
·
Pengendalian,
perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat,
rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus
memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana
mestinya. Aktivitas manajerial
untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai
kebutuhan, disebut kebutuhan.
·
Pengambilan
Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut
dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan
antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa
tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari
beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan
dengan fungsi pengendalian.
Bagian
SIM merupakan kumpulan dari
sistem informasi:
·
Sistem informasi akuntansi (accounting information systems),
menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
·
Sistem
informasi pemasaran (marketing
information systems), menyediakan informasi untuk penjualan,
promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian
pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
·
Sistem
informasi manajemen persediaan (inventory
management information systems).
·
Sistem
informasi personalia (personal
information systems).
·
Sistem
informasi distribusi (distribution
information systems).
·
Sistem
informasi pembelian (purchasing
information systems).
·
Sistem
informasi kekayaan (treasury
information systems).
·
Sistem
informasi analisis kredit (credit
analysis information systems).
·
Sistem
informasi penelitian dan pengembangan (research
and development information systems).
·
Sistem
informasi analisis software
·
Sistem
informasi teknik (engineering
information systems).
2. Pengantar dan Konsep
Dasar SIM
Apa yang dimaksud dengan
informasi?
n Informasi merupakan
fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat dipahami dan
mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk
keperluan/pekerjaan tertentu.
Data pada umumnya
harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat dipahami dan
bermanfaat atau lebih bermanfaat.
Data, Information &
Knowledge
Data merupakan
deskripsi dasar akan suatu, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang dicatat,
diklasifikasikan, dan disimpan tanpa suatu pengorganisasian sebelumnya.
Knowledge
(pengetahuan) terdiri dari data dan/ atau informasi yang telah diorganisasikan
dan diproses sehingga memberi pemahaman, pengalaman, pembelajaran, dan keahlian
tertentu yang dapat diaplikasikan pada masalah bisnis yang dihadapi.
Informasi dalam Proses
Bisnis Industri Manufaktur
Apa yang dimaksud dengan
Teknologi Informasi?
Teknologi Informasi
berbagai teknologi
(utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk bekerja dengan
informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan informasi
suatu organisasi
Istilah umum yang
menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan, penyimpanan, manipulasi/analisis,
produksi, komunikasi, dan penyebaran informasi.
Mencapai kesuksesan bisnis
melalui Teknologi Informasi
People menggunakan information technology untuk bekerja dengan information
Teknologi informasi
merupakan faktor penting dalam kesuksesan dan inovasi bisnis
3. Sistem Informasi dan dukungannya pada bisnis
Sistem Informasi (SI) dan
Dukungan SI dalam Bisnis
Informasi
merupakan fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat
dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk
keperluan/pekerjaan tertentu.
Data pada umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
Teknologi Informasi
(Information technology/IT)
berbagai teknologi (utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk bekerja dengan informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan informasi suatu organisasi
Istilah umum yang menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi/analisis), serta komunikasi dan penyebaran informasi.
Sistem Informasi
Sistem informasi merupakan
suatu sistem yang menerima data dan input lainnya dan memprosesnya menjadi
informasi sebagai output
Suatu sistem infomasi mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi untuk suatu tujuan tertentu.
Sistem Informasi adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan (terintegrasi), yang mengumpulkan (atau mendapatkan), menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan tujuan lain, baik orang maupun organisasi.
Komponen sistem informasi:
Infrastruktur
(teknologi informasi)
SDM
Prosedur
Secara teori, sistem
informasi dapat berupa lembaran kertas
Dalam bahasan
perkuliahan ini difokuskan pada sistem informasi berbasis komputer
(Computer-Based Information Systems/CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
Computer Based Information System (CBIS)
Sistem informasi
yang menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan satu atau seluruh
tugasnya.
Komponen CBIS:
Infrastruktur;
Teknologi komputer
Hardware
Software
Database system
Computer network
system
SDM
Prosedur
Tekanan Bisnis, Respon
Organisasi, dan Dukungan Teknologi Informasi
Lingkungan bisnis
merupakan kombinasi dari faktor sosial, legal, ekonomi, teknologi, dan politik
yang mempengaruhi aktivitas bisnis
Perubahan
siginifikan pada faktor-faktor tersebut dapat menciptakan tekanan bisnis kepada
organisasi
Tiga macam tekanan
bisnis yang dihadapi adalah tekanan pasar (market), teknolog, dan sosial.
Respon Organisasi
Sistem Strategis;
memungkinkan organisasi meningkatkan pangsa pasar (market share) dan/atau
profit.
Fokus pada konsumen;
memungkinkan organisasi memberikan pelayanan konsumen yang sangat baik dan
mencegah berpindahnya konsumen ke kompetitor.
Sistem “membuat
berdasarkan pesanan” (Make-to-Order); merupakan strategi untuk memproduksi
produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen
Mass Customization;
berproduksi dalam jumlah besar, tetapi tetap memungkinkan customizing
(penyesuaian) dengan keinginan setiap konsumen
E-business dan
E-commerce; strategi untuk menjalankan bisnis secara elektronik
4.TELEKOMUNIKASI , INTERNET, DAN E – BUSSINESS
Telekomunikasi dan Sistem Jaringan
Jaringan komputer – dua
atau lebih sistem komputer yang saling terhubung dengan menggunakan kabel atau
gelombang radio dalam suatu area geografis tertentu
Jaringan komputer yang
tidak menggunakan kabel fisik disebut wireless
Manfaat Jaringan Komputer:
Kemampuan berkomunikasi dan
berbagi
Menyimpan berbagai
informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Memungkinkan orang berbagi
informasi dan ide secara mudah
Mengkombinasikan kemampuan
berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan kemampuan
orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Kemampuan berkomunikasi dan
berbagi
Menyimpan berbagai
informasi pada suatu lokasi dalam jaringan dan kemampuan mengaksesnya
Memungkinkan orang berbagi
informasi dan ide secara mudah
Mengkombinasikan kemampuan
berbagai peralatan sebagai media kolaborasi untuk menggabungkan kemampuan
orang-orang yang berbeda tanpa batasan lokasi
Internet
Definisi:
Suatu jaringan yang terbentuk dari jutaan jaringan pribadi yang lebih kecil yang masing-masing dapat bekerja independen maupun secara bersama dalam jaringan.
Jaringan yang menghubungkan
jutaan komputer dan pribadi di seluruh dunia.
Intranet
Definisi:
Jaringan di dalam suatu organisasi yang menggunakan teknologi Internet untuk
menyediakan lingkungan dan kemampuan Internet di dalam perusahaan untuk sharing informasi, komunikasi, kolaborasi, dan mendukung proses bisnis
Extranet
Definisi:
Hubungan jaringan yang
menggunakan teknologi Internet untuk saling menghubungkan intranet suatu bisnis
dengan intranet dari pelanggan, suppliers, atau business partners lainnya
Apa itu E-business?
Penggunaan teknologi Internet
Untuk bekerja dan membantu
proses bisnis, electronic commerce (e-commerce), dan kolaborasi perusahaan
Di dalam suatu perusahaan
dan dengan customer, supplier, dan business stakeholder lainnya.
Pada prinsipnya merupakan
pertukaran nilai/manfaat secara online
Tujuh alasan utama membeli
secara online:
1.
Menghemat
waktu dengan tidak pergi ke pasar/toko
2.
Dapat
berbelanja saat toko tutup (available 24/7)
3.
Menghindari
keramaian dan kekacauan
4.
Kemungkinan
menemukan harga yang lebih baik
5.
Dapat
menemukan produk secara lebih mudah
6.
Dapat
menemukan produk yang tidak tersedia di toko
7.
Lebih
mudah membandingkan harga
5. Sistem Informasi:
Macam dan Aplikasinya
Macam dan Aplikasinya
Computer based information
system (CBIS)
Suatu kombinasi yang
terorganisir dari
Hardware; sekumpulan
perangkat keras
Software; sekumpulan
perangkat lunak
Data; sumber atau
kumpulan data
Network; sistem
jaringan
Policies and
procedures;
sekumpulan kebijakan,
posedur dan instruksi
People; orang-orang
yang bekerja
Yang mengumpulkan,
menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi di dalam organisasi
Lima fungsi dasar teknologi
dan sistem informasi (apa
yang dilakukan)
1.
Capture (menangkap)
·
Mendapatkan
informasi pada titik asalnya/terjadinya
1.
Cradle (menyangga)
·
Menyimpan
informasi
1.
Create (menciptakan)
·
Memproses
untuk mendapatkan sesuatu yang baru
1.
Convey (menyampaikan)
·
Menyajikan
informasi dalam bentuk yang bermanfaat
1.
Communicate (mengkomunikasikan)
·
Mengirimnya
kepada orang lain
Sistem pendukung operasi
(Operations support systems)
Definisi
Sistem informasi yang
memproses data yang dimunculkan dan digunakan dalam operasi bisnis
Tujuannya adalah
memproses transaksi bisnis secara efisien, mengontrol proses industri,
mendukung komunikasi dan kolaborasi perusahaan, dan memperbaharui basis data
perusahaan
Macam-macam Operations Support Systems
Transaction Processing Systems (TPS)
Merekam dan
memproses data dari transaksi bisnis
Contoh:
pencatatan penjualan, sistem inventori, sistem akuntansi
Process Control Systems
Memonitor dan
mengontrol proses-proses fisik produksi
Contoh: dalam
sistem penyulingan minyak digunakan sensor untuk memonitor proses kimiawi yang
terjadi
Enterprise Collaboration Systems
Meningkatkan
komunikasi tim maupun kelompok kerja
Contoh:
e-mail, videoconferencing
Sistem Pendukung
Manajemen (Management
Support Systems)
Definisi
Sistem informasi yang
berfokus pada penyediaan informasi dan mendukung pengambilan keputusan yang
efektif oleh para manajer
Macam-macam Management Support Systems
Sistem Informasi
Manajemen (Management
Information Systems/MIS)
Sistem informasi untuk
fungsi manajerial
Menyediakan
informasi dalam bentuk laporan dan tampilan yang telah ditentukan untuk
mendukung pengambilan keputusan bisnis (O’Brien, 2004)
Menyediakan
informasi rutin untuk aktivitas perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian
(pengambilan keputusan) dalam area fungsional. (Turban, 2004)
Mendukung level
manajemen
Contoh:
laporan analisis penjualan harian, laporan produksi
Decision Support Systems (DSS)
Menyediakan sistem
interaktif yang bersifat sementara untuk mendukung pengambilan keputusan
Mengkombinasikan
model analitis dan database untuk menyelesaikan permasalahan
Membantu pengambil
keputusan atau manajer
Contoh:
Prediksi hasil untuk menentukan pengalokasian anggaran iklan
n Executive Information Systems (EIS)
Menyediakan informasi penting bagi eksekutif
dan manajer
Contoh: akses
informasi mengenai tindakan kompetitor
6. MANAJEMEN
DATA
Manajemen Data
Saat ini, perusahaan bisnis
tidak dapat bertahan maupun sukses tanpa data yang berkualitas mengenai operasi
internal maupun lingkungan eksternal mereka.
Organisasi modern menyadari
bahwa mengelola data dengan baik seperti halnya mereka mengelola aset berharga
lainnya merupakan kunci sukses yang penting dalam pasar saat ini.
Manajemen data
Definisi:
Aktivitas manajerial yang
menggunakan teknologi sistem informasi dalam menjalankan tugas pengelolaan data
organisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi semua stakeholder bisnis mereka.
Permasalahan dengan
pemrosesan data tradisional:
Pengulangan Data –
pengulangan data membutuhkan pemutakhiran (update) pada semua file data
tersebut yang disimpan
Kesulitan Integrasi Data –
data yang disimpan dalam file yang terpisah yang membutuhkan program output
khusus menyebabkan kesulitan dalam sistem pelaporan ad hoc
Ketergantungan Data – suatu
program umumnya menginformasikan bagaimana data disimpan sehingga perubahan
format penyimpanan membutuhkan perubahan program juga
Pendekatan Database
Management System (DBMS)
Definisi:
Mengkonsolidasikan
pencatatan data ke dalam satu database yang dapat diakses dengan berbagai
program aplikasi yang berbeda.
Software interface antara
users dan databases
Data disimpan satu kali,
dan terpisah dari program aplikasi
Database Application Programs
Fungsi:
Membuat dan memproses forms
Membuat dan mengirimkan
queries
Membuat dan memproses
reports
Mengeksekusi logika
aplikasi
Mengontrol aplikasi
Macam-macam Database
Operational – menyimpan
data yang detail yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan operasi
perusahaan
Distributed – database yang
di ulang dan didistribusikan secara keseluruhan ataupun sebagian ke server
jaringan pada berbagai lokasi
External – berisi banyak
sekali informasi yang tersedia dari layanan online komersial maupun dari
berbagai sumber dalam World Wide Web
Data Warehouse
Definisi:
Database berukuran
besar yang menyimpan data yang telah disarikan/disaring (extracted) dari
berbagai operational, external, dan database lain dalam organisasi
Data Mart
Definisi:
Database yang menyimpan
kumpulan data tertentu dari sebuah data warehouse yang fokus pada aspek
tertentu dalam perusahaan, misalnya satu departemen atau satu proses bisnis
Data Mining
Definisi:
Aktivitas analisis terhadap
data dalam suatu data warehouse untuk mendapatkan pola dan kecenderungan yang
tersembunyi dalam aktivitas bisnis masa lalu
Penggunaan Data Mining
Melakukan “market-basket
analysis” untuk mengidentifikasi kumpulan produk baru.
Menemukan akar permasalahan
kualitas atau permasalahan manufaktur lain.
Mencegah kekecewaan
konsumen dan memperoleh konsumen baru.
Mengenali profil konsumen
secara lebih akurat.
Sumber : https://nicohernawan.wordpress.com/artikel-sim-sistem-informasi-manajemen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar