Daftar Blog Saya

MATERI SIM (SISTEM INFORMASI MANAJMEN) 

Introduction to Computer-Based Information Systems


SEJARAH SISTEM INFORMASI
            Sejarah system informasi mencakup peninjauan kembali pada bagaimana peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu.
            Dalam waktu yang sama, aplikasi komputer juga telah mengalami evolusi dari yang sebelumnya digunakan untuk mengolah transaksi akuntansi secara sederhana, menjadi sistem yang dirancang untuk mendukung manajer dan para pemecah masalah lainnya.
PENGANTAR ARSITEKTUR KOMPUTER
            Inti dari sebuah komputer adalah prosesornya. Prosesor yang dikendalikan oleh sebuah system operasi seperti Windows XP, mengelola alat input dan output, alat penyimpanan data, dan operasi atas data. Unit Pemroses Sentral (Central Processing Unit-CPU) mengendalikan seluruh komponen lain. Memori Kases Acak (Random Access Memory-RAM) betindak sebagai tempat kerja sementara bagi CPU; semakin besar area kerja, maka akan semakin cepat CPU menyelesaikan tugas-tugasnya.
2012-02-27 07-30-47_0002.jpgPENGANTAR ARSITEKTUR KOMUNIKASI









EVOLUSI DI BIDANG APLIKASI KOMPUTER
  1. Sistem fisik suatu perusahaan adalah suatu system terbuka (open system) yang berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran sumber daya fisik.
FISIK.jpg
2.      System Pemrosesan Transaksi
model dari sistem pemprosesan transaksi.
PEMPROSESAN.jpg
3.      Sistem Informasi Manajemen
            System informasi manajemen-SIM (management information System-MIS) didefinisikan sebagai suatu system berbasis computer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa.


Definisi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem => Suatu susunan yg teratur dari kegiatan-kegiatan yg saling berkaitan dan susunan prosedur-prosedur yg saling berhubungan,yang melaksanakan dan mempermudah             kegiatan utama organisasi/institusi.
Data => Terdiri atas fakta dan angka yg biasanya tdk bermanfaat karena volumenya yg besar dan sifatnya yg masih belum diolah.
Informasi => Data yg telah diproses/di olah sehingga memiliki arti atau manfaat yg berguna.
Manajemen => Sebagai PROSES, manajemen adalah kegiatan yg dilakukan untuk  menyelesaikan suatu pekerjaan secara  bersama-sama atau melibatkan org lain demi mencapai tuiuan yang sama sebagai SUBJEK, manajemen adalah orang yg melaksanakan kegiatan tersebut.
Sistem Informasi Manajmemen => jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem dgn maksud memberikan informasi yg bersifat Intern dan ekstern kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.
            SIM akan menghasilkan informasi ini melalui penggunaan dua jenis peranti lunak, yaitu :
¢  Peranti lunak pembuat laporan (report-writing software) yang menghasilkan laporan berkala maupun laporan khusus.
¢  Model matematis menghasilkan informasi sebagai hasil dari suatu simulasi atas operasi perusahaan.
4. Sistem Kantor Virtual (Virtual Office System)
yaitu melakukan aktivitas kantor tanpa tergantung pada satu lokasifisik tertentu.
5.  Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (Decision Support System)
            suatu system yang membantu seorang manajer atau sekelompok kecil manajer memecahkan satu masalah.
6. Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (Entreprise Resource Planning System)
            Suatu system perencanaan sumber daya perusahaan (Entreprise Resource Planning System-ERP) adalah system berbasis computer yang memungkinkan manajemen seluruh sumber daya perusahaan dalam basis keseluruhan organisasi.
MANAJER SEBAGAI PENGGUNA SISTEM INFORMASI
¢  Tingkat-tingkat Manajemen (dapat mempengaruhi sumber informasi maupun bentuk penyajian infomasi)
2012-02-27 08-02-23_0005.jpg
Peranan Manajerial
Tabel 1.1 Peranan Manajerial Mintzberg
Peranan Interpersonal
Figure pimpinan. Manajer melakukan tugas-tugas seremonial, seperti memberikan tur ke fasilitas bagi para tamu yang berkunjung.
Pemimpin. Manajer memelihara unitnya dengan mempekerjakan dan melatih staf serta memberikan motivasi dan semangat.
Hubungan. Manajer melakukan kontak dengan orang-orang di luar unit manajer itu sendiri (sesama manajer dan pihak lain di dalam lingkungan unit) dengan tujuan menjalankan urusan-urusan bisnis.
Peranan Informasional
Monitor. Manajer terus mencari informasi yang berisi kinerja unitnya. Indra manajer memindai aktivitas internal unitnya maupun lingkungannya.
Diseminator. Manajer meneruskan informasi yang berharga ke pihak-pihak lain dalam unitnya.
Juru bicara. Manajer meneruskan informasi yang berharga ke pihak-pihak di luar unit (atasan dan orang-orang di dalam lingkungannya)
Peranan Keputusan
Wirausaha. Manajer melakukan perbaikan yang permanen terhadap unit, seperti mengubah struktur organisasi.
Penanganan Gangguan. Manajer memberikan reaksi terhadap peristiwa-peristiwa yang tidak diantisipasi sebelumnya, seperti devaluasi mata uang di Negara-negara asing dimana perusahaan memiliki operasi.
Pengalokasian Sumber daya. Manajer mengendalikan kas unitnya, menentukan berbagai sub unit mana akan menerima sumber daya apa.
Negosiator. Manajer menyelesaikan perselisihan yang terjadi di dalam unit dan antara unit dengan lingkungannya.

PERANAN INFORMASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MANAJEMEN
            Pemecahan masalah adalah aktivitas terpenting yang dilakukan seorang manajer dan merupakan suatu gambaran yang terlalu disederhanakan.
            Menurut Simon, pemecah masalah harus memiliki informasi dan terlibat dalam :
¢  Aktivitas Intelijen. Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi di dalam lingkungan.
¢  Aktivitas Perancangan. Menemukan, mengembangkan, dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan tindakan.
¢  Aktivitas Pemilihan. Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang tersedia.
¢  Aktivitas Peninjauan. Menilai pilihan-pilihan masa lalu.
Profesi dalam Bidang Sisten Informasi
·         Kelompok pertama,
·         mereka yang bergelut didunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang system operasi database maupun system aplikasi, pada lingkungan ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya :
·         Sistem analis, meruakan orang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakandan desai system yang akan dikembangkan.
·         Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai dengan system yang dianalisa sebelumnya .
·         Web Designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisi dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
·         Web Programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya.
Kelompok kedua
mereka yang bergelut dibidang perangkat keras (hardware). pada lingkungan ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
• Technical engineer, orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik dalam pemeliharaan maupun dalam perbaikan perangkat system computer.
• Networking engineer,  orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshootingnya.

Kelompok tiga
mereka yang berkecimpung dalam operasiaonal sisteminformasi. pada lingkungan ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
• EDP Operator, orang orang yang bertugas mengoperasikan  program-program yang berhubungan dengan elektronik data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atauorganisasi lainnya.
• System administrator, orang yang bertugas melakukan administrasi dalam system, melakukan pemeliharaan system, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap system, serta hal-hal yang berhubungan dengan pengaturan operasional dalah sebuah system.
• Mis director, orang yang memliki wewenang paling tinggi dalam sebuah sisem informasi, melakukan manajemen terhadap sisem tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya. 
Kesimpulan
¢  Sistem informasi adalah suatu system virtual; datanya mencerminkan system fisik dari sebuah perusahaan.
¢  Sistem informasi digunakan oleh para manajer, nonmanajer, profesional, dan orang-orang di luar perusahaan.
¢  Memahami teknologi dan dampaknya pada pengambilan keputusan merupakan suatu hal yang sangat penting artinya bagi manajemen yang baik.


Using Information Technology to Gain Competitive Advantage
PERUSAHAAN DAN LINGKUNGANNYA
            Sebuah perusahaan adalah suatu system fisik yang dikelola melalui penggunaan sebuah system virtual. System fisik perusahaan merupakan suatu system terbuka dimana ia berhadapan dengan lingkungannya. Sebuah perusahaan mengambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya tersebut menjadi produk dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah kembali ke lingkungan.
1.      Model Sistem Umum Perusahaan.Model ini menampilkan arsitektur bagi seluruh jenis organisasi dalam bentuk sebuah system.
  Aliran sumber daya fisik.
  Aliran sumber daya virtual.
  Mekanisme pengendalian perusahaan.
  Lingkaran umpan balik (feedback loop).
2.      Perusahaan di dalam Lingkungannya
Ada delapan unsur utama yang terdapat di dalam lingkungan seluruh perusahaan, yaitu:
2012-02-27 08-31-23_0006.jpg
3.      Aliran Sumber Daya Lingkungan
Perusahaan terhubung dengan unsur-unsur lingkungannya melalui aliran sumber daya lingkungan (environmental resource flows). Beberapa sumber daya mengalir lebih sering daripada sumber daya lainnya. Aliran-aliran yang umum terjadi meliputi aliran informasi dari pelanggan, aliran bahan baku kepada pelanggan, aliran uang kepada pemegang saham, dan aliran bahan baku dari pemasok. Aliran yang lebih jarang terjadi meliputi aliran uang dari pemerintah (seperti untuk penelitian), aliran bahan baku kepada pemasok (pengembalian barang dagangan), dan aliran pegawai kepada pesaing (karyawan yang “dibajak”oleh perusahaan lain).
MENGELOLA ALIRAN SUMBER DAYA FISIK-MANAJEMEN RANTAI PASOKAN (SUPPLY CHAIN MANAGEMENT)
            Manajemen rantai pasokan (supply chain management) dan terdiri atas aktivitas-akitivitas berikut ini :
  Meramalkan permintaan pelanggan
  Membuat jadwal produksi
  Menyiapkan jaringan transportasi
  Memesan persediaan pengganti dari para pemasok
  Menerima persediaan dari pemasok
  Mengelola persediaan (bahan mentah, barang dalam proses, dan barang jadi)
  Melakukan produksi
  Melakukan transportasi sumber daya kepada pelanggan
  Melacak aliran sumber daya dari pemasok, di dalam perusahaan, dan kepada pelanggan
KEUNGGULAN KOMPETITIF
Di dalam bidang system informasi, keunggulan kompetitif (competitive advantage)mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkitan (leverage) di dalam pasar.
Keunggulan kompetitif dapat direalisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis, taktis maupun operasional
  Keunggulan Strategis (Strategic advantage)
  Keunggulan Taktis (Tactical advantage)
  Keunggulan Operasional (Operational advantage)
TANTANGAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM INFORMASI GLOBAL
  Sistem informasi global (global information system - GIS) diberikan untuk suatu system informasi yang terdiri atas beberapa jaringan yang melintasi batas negara.
  Berikut beberapa kendala yang harus diatasi oleh pengambang GIS:
       Kendala-kendala Politis
       Rintangan Budaya dan Komunikasi
       Masalah-masalah Teknologi
Manajemen Pengetahuan  (Knowledge Management)
Merupakan aktivitas mengakuisisi data, memproses data menjadi informasi, menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan cara yang paling efektif, dan menghapus informasi pada waktu yang tepat.
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Perdagangan Elektronik
            Definisi sempit dari e-commerce yaitu menyatakan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintas batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi berada di  dalam  batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik.
            Sedangkan berdasarkan pandangan luas menyebutkan bahwa e-commerce dapat  memfasilitasi operasio internal maupun eksternal perusahaan.
E-commerce di Luar Batas perusahaan
            E-commerce bisnis-ke-bisnis konsumen (business-to-consumer-B2C) mengacu pada transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. E-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business-B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
Manfaat- manfaat yang diharapkan dari E-Commerce :
Perusahaan melaksanakan e-commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan-perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
v  Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan  setelah penjualan.
v  Perbaikan hubungan dengan pemasok  dan komunitas keuangan.
v  Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Kendala-kendala E-Commerce
v  Biaya yang tinggi.
v  Kekhawatiran akan masalah keamanan.
v  Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia.
Ruang Lingkup E-commerce
            Ketika anda membaca bagian ini, pahamilah bahwa e-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan. Anda hendaknya mengunjungi WWW.CENSUS.GOV dan hubungkan ke halaman Web E-Stats untuk mengetahui angka-angka e-commerce yang terakhir.
            E-commerce menyumbang hampir $1,7 triliun untuk aktivitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebuh dari 15 persen setiap tahunnya selama lima tahun terakhir.
            E-commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen tersebut.
INTELEGENSI BISNIS (BUSINESS INTELEGENCE)
Inteligensi bisnis (business intelligence-BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Suatu mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari.
Yahoo! (WWW.YAHOO.COM), Excite (WWW.EXCITE.COM), AltaVista (WWW.ALTAVISTA.COM), MSN (WWW.MSN.COM), Google (WWW.GOOGLE.COM), dan AskJeeves (WWW.ASKJEEVES.com) adalah sebagian kecil situs-situs mesin  pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk mencari informasi yang diakses melalui web.
Manfaat IOS
v  Efesiensi Komparatif
q   Efensiensi internal  perbaikan dalam operasi- operasi   perusahan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
q   Efesiensi interorganisasional meliputi perbaikan yang di peroleh melalui kerja sama dengan perusahaan – perusahaan lain.
v  Kekuatan Penawaran : Kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri.
Kekuatan  ini diambil dari tiga area dasar :
q   Fitur –fitur produk yang unik .
q   Menurunkan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian.
q   Meningkatkan biaya perpindahan.
EDI
            EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Meskipun EDI merupakan teknologi yang lebih lama, ia tetap penting karena memfasilitasi sebagian besar mayoritas perdagangan B2B. Transmisi memungkinkan data dipindahkan atau diterima tanpa harus mengetik ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa pendukung untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain.
            Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur itu sendiri, disebut juga jaringan bernilai tambah (value added network-VAN).
            EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS> lebih dari dua per tiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI, dibandingkan dengan alternatif-alternatif IOS lainnya.
Ektranet
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suayu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat perhatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan dibalik suatu firewall. Firewall hanya mengizinkan pengguna yang terotorisasi saja yang dapat mengakses informasi perusahaan.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Rekreatif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukan dalam cara proaktif dan rekreatif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di dalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang rekreatif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Pengaruh Penerapan
Pada satu artikel Decision Sciences tahun 1995, dua profesor SIM G. Premkumar  dan K. Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
v  Tekanan kompetitif.
v  Penggunaan kekuasaan.
v  Kebutuhan internal.
v  Dukungan manajemen puncak.
Manfaat – manfaat tidak langsung IOS
v  Mengurangi kesalahan.
v  Menurunkan biaya.
v  Meningkatkan efisiensi operasional.
v  Meningkatkannya kemampuan untuk bersaing.
v  Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang.
v  Memperbaiki layanan pelanggan.
Strategi B2C untuk E-commerce
            Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2C terlihat begitu kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2C. Jadi, mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce untuk B2C menjadi begitu penting?
            Dua alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan web. Kecepatan komunikasi yNg lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih prakktis. Kekhawatiran akan pencurian informasi, seperti informasi kartu kredit, telah digantikan dengan penerimaan.
Produk-produk digital
Dunia hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil mafaat dari internet. Lagu, album, film dan produk-produk serupa dapat dibeli dari situs-situs Web seperti (WWW.SONY.COM). Program-program komputer dan peningkatannya, seperti peranti lunak antivirus, seringkali dijual menggunakan Web sehingga pelanggan akan mendapatkan versi yang paling akhir. Jasa-jasa juga dapat dikirimkan melalui Internet, Lending Tree (WWW.LENDINGTREE.COM) memungkinkan para pengguna mendapatkan hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik dapat dikonsusmi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan kepada pelanggan. Perusahaan yang bergerak dalam e-commerce dapat tinggal menggunakan jasa perusahaan pengiriman surat atau barang swasta daripada memberikan jasa itu sendiri. Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi aktivitas B2C sebuah perusahaan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimnya hingga ke depan pintu depan rumah mereka. Dengan akses ke situs web pengirim, pelanggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman pelacak secara online dapat membuat penjualan B2C lebih menarik.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik. Dengan penjualan maya, tidak ada toko di mana pelanggan dapat masuk dan membeli produk. Penjualan campuran (hybrid sales) adalah terjadi ketika perusahaan memiliki tempat penjualan secara fisik dan situs web di mana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.
Kesulitan yang dihadapi Oleh Penjualan Maya
Satu kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan yang menawarkan penjualan maya adalah memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan. Penjualan maya paling sering dipergunakan ketika perusahaan tidak dapat membangun sebuah tempat perjualan fisik atau menemukan tempat berjualan fisik yang layak secara ekonomis. Penjualan campuran terkadang disebut sebagai operasi brick and clik. Kebanyakan perusahaan memiliki tempat berjualan karena biasanya hal tersebut dibutuhkan untuk rencana bisnisnya. Office depot memiliki tempat berjualan sebelum penjualan
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce, satu contoh adalah polk country di Florida. Kantor pajak polk country menggunakan layanan online untuk melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005. Sertifikat pajak adalah cara bagi pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar. Pemerintah daerah akan menentukan kapan pembeli sertifikat dapat mengklain properti jika pajak yang tertunggak tidak pernah dibayarkan. Pada umumnya, hanya sedikit orang yang memahami sertifikat pajak, sehingga pelanggannya akan memberikan pendapatan yang sedikit bagi pemerintah daerah.
Langkah E-Commerce
Tantangan bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditwarkan, ia adalah teknologi di balik perdagangan. Banyak pelanggan merasa lebih nyaman menggunakan telepon seluler daripada menggunakn keyboard komputer. Kalangan pebisnis selalu mencari koneksi nirkabel di manapun tersedia layanan telepon seluler.
Perdagangan Bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan sistem seluler dan sistem digital pribadi untuk melakukan e-commerce nirkabel. Istilah telekomunikasi generasi ketiga thrid generation 3G). telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
Menggunakan Internet
Awal mula internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha-usaha yang diawali di tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai world wide web. APARNET menunjukan bahwa permintaan dan penerimaan data oleh seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang mungkin untuk dilakukan.
World Wide Web
Pada tahun 1989, tim Berners-lee, seorang ilmuan yang bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel Eropa, menemukan cara yang lebih baik bagi para fisikawan untuk saling berkomunikasi, ide ini adalah dengan menggunakan hypertext dokumen elektronik yang saling terkait. Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam bentuk World Wide Web. Ia juga memungkinkan dikirimnya hypermedia yang terdiri atas teks, grafik, audio, dan video melalui World Wide Web. World Wide Web yang disebut juga dengan Web dan WWW, adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
Istilah Umum dalam Word Wide Web
v  Situs Web.
v  Link Hypertxt.
v  Halaman Web.
v  Home Page.
v  Browser.
v  Universal Resource Locator (URL)
v  Protokol.
v  Nama Domain.
v  Path.
v  Nestcape Navigator
CYBERSPACE DAN SUPERHIGHWAY INFORMASI
Dua istilah yang juga dikaitkan dengan internet dan web cyberspace dan superhighway (jalan bebas hambatan super) informasi, istilah cyberspace diperkenalkan pada tahun 1984, ketika penulis William Gibson menggunakan dalam hukumnya Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini, cyberspace berarti dunia internet dan World Wide Web. Istilah superhighway informasi dipergunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Pengguna yang menggunakan superhighway informasi memerlukan sebuah komputer sama halnya seperti seorang pengguna jalan bebas hambatan yang membutuhkan sebuah kendaraan. Keduanya akan melibatkan biaya pelatihan dan menawarkan sejumlah keuntungan.
Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer di seluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai sutu sistem tunggal yang dapat dipergunakan dari platform komputer apapun. Seorang pengguna dengan PC Dell atau workstation sun dapat mengambil halaman web yang sama seperti seorang pengguna dengan powerbook apple. Dua organisasi telah mengambil peran kepemimpinan dalam menciptakan standar-standar internet dan web. Masyarakat internet di bentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan penggunaan internet  secara komersial dan telah mendelegasikan  tanggung jawab mengenai standar- standar internet kepada Internet Engineering Taks Force (IETF).
APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Berbeda dengan jaringan standar, internet dapat digunakan sebagai oleh semua jenis platform komputer tanpa harus melakukan pelayanan khusus. Semua area perusahaan dapat menggunakan internet, tetapi satu area yang penting adalah manajemen rantai pasokan. Khususnya manajemen rantai pasokan untuk penyedia layanan kesehatan mendapat perhatian khusus karena cepatnya kenaikan biaya untuk jasa-jasa medis. Aplikasi ritel juga penting dan menjadi satu tandingan yang baik.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel telah hadir di web. Banyak peritel membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang disebut mal maya (virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah untuk dikenali dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing. Satu mall maya dapat mengambil pemandangan mall tradisional (yaitu perkumpulan dari berbagai jenis toko), Cyber  Town Mall (WWW.CYBERTOWN.COM.MALLDIR.HTML) dan 24 hour mall (WWW.24HOURMALL.COM) adalah dua kumpulan toko seperti itu.
SASARAN-SASARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
v  Pastikan situs web Anda kuat.
v  Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun intuitif.
v  Menekankan isi.
v  Sering diperbarui.
v  Melihat di luar pelanggan.
v  Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna.
v  Menjadikan internet intuitif.
v  Berada di lokasi situs
v  Ciptakan rasa kebersamaan.
v  Carilah bantuan jika Anda membutuhkannya.
DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
Para pengguna internet adalah satu kelompok yang beragam. Banyak masih berusia muda, namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk dibelanjakan) memiliki dampak yang subtansial pada ramalan ekonomi e-commerce. Bahkan ketika uang tidak langsung dibelanjakan secara online, konsumen sering kali menggunakan Web untuk melakukan penelitian atas pembelian mereka sebelum pergi ke toko. E-commerce B2B nampaknya tidak berdampak pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan oleh B2B adalah hal yang membuat bisnis kompetitif.
Using Information Technology to Internal Market Place
          Teknologi informasi semakin memainkan peran yang signifikan dalam manajemen perkantoran saat ini. Hal ini ditandai dengan semakin mudahnya birokrasi tata persuratan, semakin mudahnya akses informasi dari satu titik ke titik lainnya. Tentu saja, teknologi informasi tidak akan sedemikian besar kontribusinya bagi perkembangan manajemen perkantoran jika peran sumber daya manusia tidak dioptimalkan.

          Penggunaan teknologi informasi tidak terlepas dari peran perangkat komputer, manajemen dan teknologi komunikasi. Ketiga perangkat ini dapat dikatakan sebagai jantung teknologi informasi. Sejak 1990an perangkat komputer telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.
          Sehubungan dengan perkembangan teknologi infomrasi ini, hingga saat ini telah terjadi perkembangan yang signifikan di hampir semua lembaga tidak terkecuali di UNY,
          Padahal, pengaplikasian TI dalam manajemen kelembagaan khususnya manajemen perkantoran dapat menjadi motivasi bagi pegawai untuk meningkatkan produktivitas kerjanya
          Contoh kasus,
          jika seorang pegawai ekspedisi menghabiskan waktu satu sampai dua jam untuk mengantar surat maka dengan menggunakan mesin fax atau e-mail maka waktu yang dua jam tadi dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan pekerjaan lain. Dengan lain perkataan, pegawai ekspedisi tersebut dapat ditingkatkan produktivitasnya
Tiga kategori masalah
          Pelayanan perkantoran sebelum adanya kemajuan teknologi/perangkat komputer
          Pelayanan perkantoran setelah adanya teknologi/perangkat komputer
          Pelayanan perkantoran setelah adanya komputer, jaringan dan TI 
Dari konstelasi masalah di atas dapat kita ambil berbagai pernyataan berikut
          1)  Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja pegawai?
          2)    Apakah ada pengaruh penerapan teknologi informasi dalam manajamen perkantoran modern terhadap produktivitas kerja pegawai?
          3)    Jika ada pengaruh, seberapa besar pengaruh penerapan teknologi informasi dalam manajemen perkantoran modern terhadap produkitivitas kerja pegawai?
          4)    Adakah faktor lain yang dapat mempengaruhi peningkat produktivitas kerja pegawai di bidang manajemen perkantoran?
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI
          Saat ini teknologi informasi sudah memasuki taraf kemajuan yang luar biasa. Penemuan teknologi prosesor komputer yang sudah semakin cepat, semakin tingginya kecepatan Random Access Memory (RAM)  serta ruang harddisk yang semakin luas berdampak pada semakin cepatnya waktu start up dan responsepopups komputer
          Dalam prakteknya, Teknologi Informasi dapat dijadikan alat bantu untuk mempersingkat jalur birokrasi.  
Manajemen Perkantoran Modern
  1. Manajemen Perkantoran
      The Liang Gie kemudian mengemukakan rumusannya mengenai manajemen perkantoran. Dikatakannya: “Dengan demikian, pada pokoknya manajemen perkantoran merupakan rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasikan (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan arah dan petunjuk), mengawasi, dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai menyelenggarakan secara tertib sesuatu hal.
Rangkaian kegiatan
          tata penyelenggaraan;
          pelaksanaan secara efisien;
          pengendalian, pengawasan dan pengarahan;
          perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan
          penggerakan.
Manajemen Modern
          Dalam hal kantor, maka sifat, sikap dan cara berpikir serta bertindak sebagaimana disebutkan dalam istilah modern adalah berkenaan dengan penanganan data/informasi. Perkantoran modern mempunyai ciri-ciri memiliki bangunan dan tata ruang yang baik, menggunakan alat dan perlengkapan termasuk mebeler yang tepat; para pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya berdisiplin, profesional memiliki sikap dan cara berpikir serta bertindak sesuai dengan tuntutan jaman. Kantor modern juga mendayagunakan biaya, menerapkan tata laksana yang demokratis, efektif, efisien, produktif, berkeadilan, dan perlakuan manusiawi
Produktivitas Kerja Pegawai
1. Produktivitas Total = Kuantitas Output  / Kuantitas Input
2. Produktivitas Total = Kuantitas dan Kualitas Output / Kuantitas dan Kualitas Input
Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja Menurut Sukarna (1993:41), produktivitas kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor,
            a. Kemampuan dan ketangkasan karyawan
b. Managerial skill atau kemampuan pimpinan perusahaan.
c. Lingkungan kerja yang baik.
d. Lingkungan masyarakat yang baik.
e. Upah kerja.
f. Motivasi pekerja untuk meraih prestasi kerja.
g. Disiplin kerja karyawan.
h. Kondisi politik atau keamanan, dan ketertiban negara.
i. Kesatuan dan persatuan antara kelompok pekerja.
j. Kebudayaan suatu negara.
k. Pendidikan dan pengalaman kerja.
l. Kesehatan dan keselamatan pekerja karyawan.
m. Fasilitas kerja.
n. Kebijakan dan sistem administrasi perusahaan.

Pengukuran produktivitas kerja
a.       Penggunaan waktu
b.       Output yaitu hasil produksi karyawan yang diperoleh sesuai produk yang diinginkan perusahaan.

IMPLIKASI ETIS DARI TEKNOLOGI INFORMASI
         
          Implikasi Etis dari Teknologi Informasi ini akan membahas mengenai  bagaimana Teknologi Informasi diterapkan secara etis  dan bertanggung jawab dalam tugas di dalam batasan etis, moral, dan hukum
MORAL, ETIKA, DAN HUKUM
1.      MORAL
2.      ETIKA
3.      HUKUM
4.      UU di Indonesia
5.      Paten peranti lunak
ISU SEPUTAR ETIKA KOMPUTER
1.       Kejahatan Komputer
2.      Netiket
3.      E-Kommerce
4.      Pelanggaran HAKI
5.      Tanggung Jawab Profesi
MELETAKKAN MORAL, ETIKA, DAN HUKUM PADA TEMPATNYA
1. Kebutuhan akan Budaya Etika
2. Bagaimana Budaya Etika Diterapkan
a.       Kredo Perusahaan
b.      Program Etika
c.       Kode Perusahaan yang Disesuaikan
3. Meletakkan Kredo, Program, dan Kode pada Tempatnya
Alasan dibalik etika komputer
1. Alasan Pentingnya Etika Komputer
a.       Kelenturan secara logis
b.      Faktor transformasi
c.       Faktor ketidaktampakan
2. Hak Sosial dan Komputer
a.       Hak Privasi
b.      Hak Mendapatkan Keakuratan
c.       Hak Kepemilikan
d.      Hak Mendapatkan Akses
AUDIT INFORMASI
1.      Pentingnya Objektivitas
2.      Jenis Aktivitas Audit
a.       Audit Finansial
b.      Audit Operasional
c.       Audit Berkelanjutan
d.      Desain Sistem Pengendalian Internal
3.      Substansi Audit Internal
MENERAPKAN ETIKA DALAM TEKNOLOGI INFORMASI
Kode Etik
1)      Keharusan moral umum
2)      Tanggung jawab profesioanal yang lebih spesifik
3)      Keharusan kepemimpinan organisasi
4)      Kepatuhan terhadap kode etik
 Kode Etika & Praktik Profesional Rekayasa Peranti Lunak Pendidikan Etika Komputer
1)      Mata Kuliah di Perguruan Tinggi
2)      Program Profesional
3)      Program Edukasi Swasta
ETIKA & CIO
Berdasarkan hasil survey oleh Scott J. Vitell dan Donald L. Davis, diperoleh hasil :
ü  CIO tidak bertindak yang tidak etis, walaupun kesempatan untuk berbuat yang tidak ada.
ü  CIO yang berhasil senantiasan berbuat etis.
ü  Perusahaan dan manajer memiliki tanggung jawab sosial.
PENDEKATAN SISTEM
PENDEKATAN SISTEM
MANAJER MEMECAHKAN MASALAH AGAR PERUSAHAAN DAPAT MENCAPAI TUJUAN.
STRUKTUR MASALAH MEMPENGARUHI CARA PEMECAHAN MASALAH.
MASALAH :
  •  TERSTRUKTUR
  •  TAK TERSTRUKTUR
  •  SEMI-TERSTRUKTUR
1.      MASALAH YANG TIDAK  TERSTRUKTUR HARUS DIPECAHKAN OLEH MANAJER.
2.      MASALAH YANG TERSTRUKTUR DAPAT DIPECAHKAN OLEH KOMPUTER.
3.      3.BERSIFAT SEMI-STRUKTUR. ADALAH MASALAH YANG BERISI SEBAGIAN ELEMEN  ATAU HUBUNGAN YG DIMENGERTI  OLEH PEMECAH MASALAH
SUATU PENDEKATAN SISTEMATIS UNTUK PEMECAHAN MASALAH TELAH DIBUAT, DAN DISEBUT PENDEKATAN SISTEM.
PENDEKATAN SISTEM TERDIRI :
1.      PERSIAPAN
2.      DEFINISI
3.      SOLUSI

1.  PERSIAPAN
MEMPERSIAPKAN PEMECAHAN MASALAH.
       1.MANAJER MEMANDANG PERUSAHAAN SEBAGAI SUATU SISTEM
       2.MENGENALI SISTEM LINGKUNGAN.
       3.MENGIDENTIFKASI  SUBSISTEM PERUSAHAAN 
2. USAHA DEFINISI
     DALAM MENDEFINISIKAN MASALAH :  
     1. MANAJER BERGERAK DARI TINGKAT SISTEM KE TINGKAT SUBSISTEM 
     2.MENGANALISA SISTEM SESUAI URUTAN TERTENTU.
3. Usaha Solusi
  1. Mengidentifikasi solusi alternatif
  2. Mengevaluasi solusi alternatif
  3. Memilih solusi terbaik
  4. Menerapkan solusi terbaik
  5. Membuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solui itu efektif
1. Persiapan
A. Memandang perusahaan sebagai suatu sistem umum.
·         Buatlah model  sistem umum perusahaan ,kemudian manajer harus mempunyai kemampuan untuk membaca model tersebut.
B. Mengenali sistem lingkungan
·         Delapan elemen lingkungan , memberikan cara yang efektif yang menempatkan peruahaan sebagai suatu sistem dalam lingkungannya.
C. Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
·         subsistem perusahaan dapat mengambil beberapa bentuk, masing-masing dapat dilihat sebagai suatu subsistem tersendiri.
2  Usaha Definisi
A.     BERGERAK DARI TINGKAT SISTEM KE SUBSISTEM TUJUANNYA ADALAH UNTUK MENGINDENTIFIKASIKAN TINGKAT SISTEM DIMANA PENYEBAB PERSOALAN BERADA 
1.ELEMEN SATU-MENGEVALUASI STANDAR
·         STANDAR KINERJA UNTUK SUATU SISTEM BIASANYA DINYATAKAN DALAM BENTUK RENCANA,ANGGARAN,DAN KUOTA.
·         MANAJEMEN MENETAPKAN STANDAR DAN HARUS MEMASTIKAN BAHWA STANDAR ITU MEMILIKI KARATERISTIK TERTENTU.

A.     A.STANDAR HARUS SAH
B.     B.STANDAR HARUS REALISTIS
C.     C.STANDAR HARUS DIMENGERTI OLEH MEREKA YANG DIHARAPKAN MENCAPAINYA
D.     D.STANDAR HARUS TERUKUR.
2. ELEMEN DUA-MEMBANDINGKAN OUTPUT DENGAN STANDAR
  • SETELAH  MANAJER  PUAS DENGAN STANDAR  TERSEBUT   KEMUDIAN MENGEVALUASI OUTPUT SISTEM  DENGAN MEMBANDINGKANNYA  DENGAN STANDAR.
  • JIAK SISTEM TELAH  MENCAPAI  STANDAR,TIDAK PERLU  MELANJUTKAN PENDEKATAN  SISTEM UNTUK MEMECAHKAN  MASALAH 
3. ELEMEN TIGA-MENGEVALUSI MANAJEMEN
·         SUATU PENILAIAN  KRITIS DILAKUKAN ATAS MANAJEMEN  SISTEM DAN STRUKTUR ORGANISASI.  APAKAH TIM MANAJEMEN YG ADA SESUAI KEBUTUHAN DALAM  HAL  KUANTITAS  DAN KUALITAS? APAKAH TERDAPAT  CUKUP MANAJER DAN APAKAH MEREKA  MEMILIKI  KEAHLIAN DAN KEMAMPUAN YANG TEPAT
·         APAKAH  STRUKTUR  ORGANISAI  MEMBANTU ATAU MENGHAMBAT  PROSES PEMECAHAN MASALAH?
4. ELEMEN KEEMPAT-MENGEVALUASI PENGOLAH  INFORMASI
  • MUNGKIN TERDAPAT TIM MANAJEMEN YANG BAIK,TETAPI TIM TERSEBUT TIDAK MENDAPATKAN INFORMASI YANG DIPERLUKAN .  JIKA INI KASUSNYA, KEBUTUHAN ITU HARUS DIINDENTIFIKASI DAN SUATU SISTEM INFORMASI  YANG MEMADAI HARUS DIRANCANG DAN DITERAPKAN.
5. ELEMEN LIMA-MENGEVALUASI INPUT DAN SUMBERDAYA
·         ANALISIS DILAKUKAN BAIK DARI SUMBERDAYA FISIK DALAM ELEMEN INPUT  MAUPUN SUMBERDAYA YANG MENGALIR MELALUI  ELEMEN  TERSEBUT DARI LINGKUNGAN. 
6. ELEMEN ENAM-MENGEVALUASI PROSES TRANSFORMASI
·         PROSEDUR DAN PRAKTEK YANG TIDAK EFISIEN  MUNGKIN MENYEBABKAN KESUKARAN  DALAM MENGUBAH INPUT MENJADI OUTPUT
7. ELEMEN TUJUH-MENGEVALUASI SUMBERDAYA OUTPUT
·         KETIKA MENGANALISIS ELEMEN DUA KITA MEMPERHATIKAN  OUTPUT YANG DIHASILAKN OLEH SISTEM
PENGEMBANGAN SISTEM
PENDEKATAN SISTEM
Pendekatan Sistem terdiri atas tiga tahapan kerja :
       Upaya Persiapan, Menyiapkan pemecahan masalah dengan memberikan suatu orientasi sistem.
       Upaya Definisi, Mengidentifikasi masalah untuk dipecahkan dan kemudian memahaminya.
       Upaya Solusi, Melibatkan pengidentifikasian solusi solusi alternatif, mengevaluasinya memilih salah satu solusi yang terlihat paling baik, menerapkan solusi tersebut,dan menindaklanjutinya untuk memastikan bahwa masalah telah terpecahkan.
Urut-Urutan Langkah
Beberapa Urut-Urutan Langkah
 Upaya Persiapan :
ü   Melihat Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
ü   Mengenal Sistem Lingkungan
ü   Mengidentifikasikan subsistem perusahaan
Upaya Definisi :
ü   Melanjutkan dari tingkat sistem ketingkat subsistem
ü   Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urut-urutan tertentu
Upaya Solusi :
ü   Mengidentifikasi solusi-solusi alternatif
ü   Mengevaluasi solusi-solusi alternatif
ü   Memilih solusi yang terbaik
ü   Mengimplementasikan solusi
ü   Menindaklanjuti untuk memastikan bahwa solusi tersebut efektif
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM
Siklus hidup pengembangan sistem  (Systems development life cycle-SDLC) adalah aplikasi dari pendekatan sistem bangi pengembangan suatu sistem informasi.
SDLC TRADISIONAL
Tahap-tahapan tersebut yaitu :
v   Tahapan Perencanaan
v  Tahapan Analisis
v   Tahapan Desain
v   Tahapan Implementasi
v   Tahapan Penggunaan
PROTOTYPING
Dalam penerapannya para pengembang sistem , prototipe adalah suatu versi dari sebuah sistem potensial yang memberikan ide bagi para pengembang dan calon pengguna, bagaimana sistem akan berfungsi dalam bentuk yang telah selesai.
Sedangkan yang disebut Prototyping adalah proses prmbuatan prototipe.
Ada dua jenis prototipe :
q   Prototipe evolusioner 
            Terus menerus disempurnakan sampai memiliki seluruh fungsionalitas yang dibutuhkan pengguna dari sistem baru.
q   Prototipe persyaratan
            Dikembangkan sebagai satu cara untuk mendefisikan persyaratan persyaratan fungsional dari sitem baru ketika pengguna tidak mampu mengungkapkan dengan jelas apa yang mereka inginkan.

1 komentar:

  1. Tink-On Titanium Necklace - Matte Tinted - Tinted
    Tink-On Titanium Necklace, "Tink-On Tinted" (The Tinted) trekz titanium headphones by mens titanium wedding rings Tinted on February 24, titanium watch 2017, is an authentic columbia titanium pants vintage classic titanium price per pound necklace from Tinted that is $14.50 · ‎In stock

    BalasHapus